RSS

Semeru (part 1)

Filed Under: Labels:
Kalau postingan sebelumnya saya bercerita tentang liburan saya ke Bromo, kini saatnya saya bercerita liburan saya selanjutnya ke Gunung Semeru. Alhamdulillah akhirnya rencana tersebut terealisasi juga setelah beberapa kesempatan mendaki gunung ini gagal, hehe.

Gimana rasanya? Nanti, ceritanya dulu..haha

Rencana pendakian G. Semeru tahun ini memang sudah direncanakan jauh-jauh hari. Saya dan teman-teman akhirnya menentukan tanggal 23 Juli 2011 dengan alasan ada teman yang sekalian cuti dari kerjaan (kalau buat saya berangkat kapan aja asal waktunya pas, Ayo!).

Seperti biasa, teman-teman dari Surabaya berangkat hari jumat, 22 Juli 2011 buat menginap di rumah saya terlebih dahulu. Sore nyampe rumah, langsung nge-list kebutuhan-kebutuhan kelompok dan pribadi yang masih kurang. Yang individu bisa mencari kekurangannya sendiri. Sedangkan untuk kebutuhan kelompok ditugaskan kepada saya dan salim a.k.a wakied untuk belanja keperluan logistic di Carrefour Blimbing. Milih carefour karena memang supermarket ini yang menyedikan barang-barang terlengkap (sampai emosi nyari jenis barang yang gak bermerek carefour soalnya hampir semua ada). Dari yang kami beli mulai dari Nuget, Sosis, Sambal, Kecap, Kopi, Sereal, Tissue, dll. semua berlabel Carefour, haha. Setelah hampir sejam belanja, akhirnya pulang ke rumah buat packing barang-barang yang akan dibawa besoknya. Setelah itu baru tidur menyimpan tenaga buat besok (walaupun padahal rata-rata banyak yang begadang samapai subuh, haha).

Sabtu, 23 Juli 2011

Rencana berangkat jam 06.00 WIB molor ! gara-gara anak-anak banyak yang masih tidur (akibat begadang). Akhirnya kami berangkat jam 08.00 WIB gak pake sarapan gara-gara rumah emang sepi gara-gara orang rumah ada acara sendiri-sendiri. kami bertujuh ( Saya, Ipul, Wakied, Condro, Gonter, Ferry, Ainul) berangkat naik angkot AL (Arjosari-Landungsari) arah Terminal Arjosari. Di angkot anak-anak udah bikin rese’ ke orang-orang, haha maklum kami bawa tas carrier yang ukurannya 80 liter. Jadi tiap ada orang mau turun/naik pasti ribet gara-gar tas nya ditaruh di dalam angkot. Setelah oper angkot TA di blimbing, kami nyampe depan Pasar Tumpang sekitar jam 09.30 WIB. Karena saya, ipul, condro, dan ainul belum sempet ngurus surat kesehatan, kami langsung menuju ke puskesmas tumpang (padahal cari surat di puskesmas biar murah aja cuma 5 ribu alias 5 ecu, haha).

Setelah beres suratnya, kami semua sarapan di pasar tumpang. Sambil nunggu jeep ke Ranu Pane soalnya harus nunggu sekitar 15 orang, baru jeep-nya berangkat. Sarapan kelar, kami nunggu di depan alfamart (tempat orang yang nyariin jeep-nya). Lama nunggu dari jam 11.00-14.00 WIB penumpangnya tetep ! Cuma kami ber-7 aja…busettt belum mendaki udah capek nunggu.

capek nunggu di depan alfamart pasar tumpang

Males nambah hari mendaki, kami negosiasi sama orang yang nyariin jeep-nya buat ngebooking itu jeep. Akhirnya kena deh harga 400rb buat anak 7. Gapapa lah daripada nambah hari buat mendaki (takut biaya tambah bengkak juga) toh besok juga belum tentu ada pendaki juga. Walau bingung juga besok turunnya ke malang pake duit apa maklum uang kami pas-pas an, haha. Seng penting BUDAL SEK !

wakied ngitung duit buat sewa jeep (atas) persiapan berangkat (bawah)

Kami berangkat dari pasar tumpang jam 14.30 WIB naik jeep menuju Ranu Pane, sempat berhenti sih di persimpangan jalan ke Bromo buat foto-foto dan sebagainya.

foto-foto pilihan perjalanan ke Ranu Pane

Dan akhirnya nyampe di Ranu Pane jam 16.00 WIB. Begitu datang langsung deh ngurus surat ijin pendakian, karena udah tutup terpaksa manggil orangnya dulu+sempat dilarang mendaki soalnya udah sore juga tapi kami tetep nekat berangkat soalnya buat nyicil jalan supaya gak capek-capek ntar. Setelah urusan semua beres, sekitar jam 17.00 WIB kami mulai deh perjalanannya. Aye!

Jalan jalan malam lah ceritanya sampai pos 1 sekitar jam 20.00 WIB, kami memutuskan bermalam disitu. Langsung deh nyiapin tenda buat tidur+sholat,bikin api unggun kecil-kecilan, nyiapin kompor, dan Makan ! di pos 1 ini tenyata si Wakied sempet-sempetnya update status fb..haha padahal di Ranu Pane tadi ga ada im3 ga ada sinyal sama sekali. saya sih males ikut-ikutan daripada baterai langsung drop jadinya tak matiin aja mulai pagi. Hehe

Sekitar jam 23.00 WIB Badan udah capek, perut udah kenyang, mata udah tinggal 10 Watt, udah sholat juga >>>> Tidur ! besok perjalanan lebih panjang..

Minggu, 24 Juli 2011

04.00 WIB bangun, dibangunin si Gonter bukan gara-gara alarm tapi gara-gara dia kedinginan. Haha anak-anak pun ikutan bangun, subuhan lanjut beres-beres, sikat gigi, dll sampe jam 06.00 WIB.

Udah beres semua, kami melanjutkan perjalanan ke Ranu Kumbolo sempet berhenti di pos 3 sih buat sarapan kecil-kecil an (makan roti+kopi+susu), baru nyampe Ranu Kumbolo sekitar jam 09.00 WIB. Di sana ketemu artis Dimas Jay (sutradara+juri Indonesian Idol) katanya sih habis syuting iklan kopi, gak sempet minta foto-foto (baca: gak ngefans :p).

nyampe Ranu Kumbolo fot dulu,hehe

Kami istrirahat buat sarapan (bikin nasi+mie+nugget+sosis+bumbu rendang..asolole !).

perlengkapan hidup selama beberapa hari korbannya sosis,nugget,sarden,mie,dll haha

sekitar jam 12.00 WIB kami ngelanjutin perjalanan lagi. Dari Ranu Kumbolo kami langsung disambut ‘Tanjakan Cinta’ yang bikin betis mau meledak,haha. Ada kepercayaan orang-orang ‘siapa yang punya cinta, harus bisa ngelewatin itu tanpa perhenti tanpa nengok ke belakang juga’. Dari kami bertujuh gak ada yang berhasil ! haha saya kurang dikit nyampe eh, betis udah kram kayak maen futsal 1 pertandingan gak diganti #apasih. Wes intine ae PEGEL ! kalo kata wakied ‘ yo iku rek lek mbelani seng jenengi cinta, loro kabeh kan?’ (ya itu kalau memperjuangin yan namanya cinta, sakit semua kan?) haha.

Setelah tanjakan cinta, kami ngelewatin ‘oro-oro ombo’ (emang luas banget, kayak gurun) terus masuk hutan cemoro kandang (isinya Pohon Cemara yang gak habis-habis makanya dinamain gitu kandangnya cemara) sampai di Jambangan (tempat view Mahameru yang paling bagus) jam 15.00 WIB. Di jambangan kami istirahat buat sholat, makan snack, foto-foto mumpung cuacanya cerah banget sambil nungguin Mahameru ‘batuk’.

istirahat saat perjalanan ke jambangan

jaket kebesaran angkatan yang udah foto dimana-mana

at jambangan saat Mahameru belum 'batuk'(atas) dan saat 'batuk'(bawah)

Habis istirahat, kami ngelanjutin perjalanan ke Kalimati buat nge camp disitu sebelum muncak. Sampe kalimati jam 17.00 WIB kami langsung nyiapin tenda, kompor buat masak. Jam 18.00 WIB anak-anak yang lain masak+makan, saya habis sholat milih packing buat muncak malamnya terus langsung tidur soalnya udah capek+gak mood makan nasi.

Bangun jam 23.00 WIB, saya mbangunin anak-anak yang pengen muncak. Hasilnya cuman 5 orang yang berangkat muncak, Wakied dan Gonter milih jaga tenda. Karena ada yang jaga tenda jadi kami berlima bawa 1 tas aja buat perbekalan di jalan ke puncak. Setelah nunggu yang lain siap-siap kami Berangkat ke Puncak sekitar jam 23.30 WIB.

- to be continued-

0 Responses to "Semeru (part 1)"