RSS

Semeru (part 2)

Filed Under: Labels:
Lanjutan dari postingan sebelumnya…

Senin, 25 Juli 2011

Setelah berangkat dari camp di kalimati kami berlima mulai perjalanan ke Puncak. Ya, jalan-jalan malam lagi masuk hutan : gelap+dingin+oksigen mulai tipis soalnya udah di ketinggian sekitar 2900 dpl. Sekitar jam 00.30 WIB kami istirahat di tempat camp Arcopodo.

Jam 01.00 WIB kami berangkat lagi mulai perjalanan yang taruhannya nyawa #lebay, hehe. Tapi bener emang, korbannya G. Semeru yang paling banyak di Arcopodo sama di Lereng Semeru. Kebanyakan mungkin gara-gara capek+ngantuk jatuh deh ke Jurang yang ada di kanan-kiri jalan yang kami lalui, jadi mau gak mau kami harus extra hati-hati.
Sekitar jam 02.00 WIB kami sampai di Kelik (tempat banyak monumen in memorian korban-korban di arcopodo) tepat bawah Lereng Semeru. Setelah ngumpulin tenaga bentar, kami mulai mencoba naklukin Lereng Semeru yang medannya curam tracknya full pasir+batu. Berat ! Sempat ngedrop juga pas saya tanya ipul yang udah pernah muncak tahun lalu.

Saya : ‘Pul, dalan koyok ngene kiro-kiro pirang jam?’ (pul, jalan kayak gini kira-kira berapa jam?)

Ipul : ‘yo lek gak ngoyo, kiro-kiro 4 jam lah’ (ya kalau nyantai, kira-kira 4 jam lah)

Busettttt…ga ngebayangin kalo 4 jam harus ngerangkak ala spiderman sampai puncak ! @.@ Tapi gimana lagi saya udah jauh-jauh nyampe sini masa’ gak sampai puncak. Rasa penasaran yang besar juga yang satu-satunya jadi motivasi saya.

Ngerasa udah lama ngerangkak ala spiderman, saya capek juga…mau pingsan malah.ckck minim oksigen+belum makan mungkin yang bikin agak pusing. Akhirnya saya putuskan istirahat bentar sambil nunggu anak-anak yang gak taunya ketinggalan jauh di bawah (padahal perbekalannya dibawa mereka) cuman bisa makan coklat di kantong buat menghangatkan badan. Lama nunggu, sampe ketiduran juga anak-anak masih jauh juga. ckck liat langit dah mau berubah warna, terpaksa subuhan sambil duduk (tempat nya miring pol) padahal gak tau juga lagi jam berapa itu. Habis sholat, moto2 langit yang udah mulai biru bentar terus lanjut ngerangkak ala spiderman lagi..hufft

foto lhttp://www.blogger.com/img/blank.gifangit dari lereng semeru

Dan Alhamdulillah nyampe PUNCAK ! langsung sujud syukur..3676 dpl sudah ditaklukkan..
masih bisa kebagian sunrise-nya juga..

pemandangannya … Subhanallah ! keliatan semua puncak G.Arjuno, G. Argopuro, dan gunung-gunung lainnya yang keliatan kecil..benar emang ‘MAHAMERU puncak abadi para dewa !’ kalau katanya Dewa 19. Langsung foto-foto sendiri deh (minta fotoin orang gara2 anak-anak belum ada yang nongol).

foto monumen pernikahan di puncak mahameru (atas) foto in memorian soe hok gie & idhan lubis (bawah)

foto di puncak... :D

Lama nunggu, pas matahari dah muncul semua baru deh si Ainul (yang bawa tas) nyampe puncak disusul ipul. Alhamdulillah bisa minum ! udah berasa mati, sempet sih minta minum orang pas nyampe puncak tapi ya gitu malu kalau banyak-banyak jadi dipuas-puasin minum+makan snack.

Sekitar 20 menit an di Puncak, pusing juga..oksigen tipis+mataharinya udah nyentrong+asap belerang dari ‘batuk’nya Semeru..tapi si Condro sama Ferry gak muncul-muncul. Kami bertiga memutuskan turun gak kuat pusingnya.

Eh, ternyata si condro sama ferry K.O di Lereng, mereka gak kuat nerusin sampe puncak. jadi kami turun ke kalimati, enaknya turunnya lebih cepat. apalagi pas di lereng kami bisa main ‘ski’ bermodal tungkak, haha

foto K.O nya condro (atas) dan ferry (bawah) di lereng semeru, hihi

track lereng semeru foto waktu turun bisa main 'ski' hehe

Nyampe kalimati sekitar jam 08.30 WIB ternyata tenda udah diberesin si wakied dan gonter, udah gitu dibuatin mie juga lagi. Suwun rek..hehe tapi habis itu kita yang habis muncak istirahat bentar sampe jam 11.00 WIB baru turun ke Ranu Kumbolo tak lupa foto-foto juga pas perjalanan balek (yang bikin lama).

foto-foto pilihan perjalanan balek ke Ranu Kumbolo

Nyampe Ranu Kumbolo sekitar jam 15.00 WIB, seperti biasa langsung nyiapin tenda, api unggun, kompor buat masak sama gak lupa sholat dan ini pertama kali wudhu pake air pas ke semeru biasanya tayamum cuman untuk sholat maghrib+isya’ tayamum lagi soalnya airnya udah dingin banget.

foto-foto sesaat setelah sampai di Ranu Kumbolo

api unggun yang menghangatkan kami..hoho

Sekitar jam 19.00 WIB habis makan, kami semua tidur meski harus dipaksa dengan obat-obatan (paramex,ctm,dll hehe) soalnya pusing mungkin akibat perbedaan ketinggian dalam waktu singkat.

-to be continued-

0 Responses to "Semeru (part 2)"