RSS

Antara Gajayana dan Kanjuruhan…(part 1)

Filed Under: Labels:
Bicara tentang Arema, tentu pembaca tidak asing dengan kedua nama tersebut. Kedua nama tersebut merupakan salah dua dari Stadion yang berada di wilayah Malang Raya. Dari sekian banyak stadion yang berada di Malang Raya, mungkin hanya dua stadion tersebut yang mudah diingat oleh warga malang umumnya dan Aremania khususnya. Alasannya? Mungkin karena kedua stadion tersebutlah yang menemani perjalanan tim Arema dari lahir hingga sekarang. Saya tidak tahu banyak mengenai sejarah kedua stadion tersebut, setelah googling sana sini saya menemukan beberapa artikel yang mungkin bisa menambah pengetahuan pembaca tentang kedua stadion ini. Kita mulai dari stadion yang menemani Arema lebih dulu, Stadion Gajayana.

Stadion Gajayana
Hampir semua penggemar sepakbola di Indonesia mengetahui jika Stadion Gajayana Malang sekarang ini adalah home-base Persema Malang di Liga Primer Indonesia(LPI). Bahkan ada yang menganggap stadion Gajayana ini milik Persema Malang.

Anggapan Stadion Gajayana milik Persema adalah tidak benar. Stadion Gajayana dibangun dengan dana puluhan ribu gulden pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Pembangunan Stadion Gajayana ini dirangkai dengan pembangunan dua lapangan luar Stadion dan satu buah kolam renang berstandar nasional yang dikenal dengan nama Swembat.
Awalnya stadion Gajayana hanya berkapasitas sekitar 5000 penonton (kurang dari separuhnya berada di tribun yang kita kenal sebagai tribun VIP sekarang ini). Stadion Gajayana baru merasakan pemugaran hebat di tahun 1990-1992 seiring dengan penambahan kapasitas stadion menjadi 17.000 penonton.

Pemugaran Stadion ini didanai oleh PT. Putra Arema yang dikomandoi Ir Lucky Acub Zaenal atau yang akrab disapa sebagai Sam Ikul. Dana pemugaran stadion totalnya mencapai 3 Miliar rupiah dan hampir seluruhnya berasal dari kantong pribadi Sam Ikul. Sam Ikul melego salah satu rumahnya di Jl. Besar Ijen seharga 2 Miliar rupiah sebagai salah satu sumber pendanaan dari PT Putra Arema. Tak cukup dengan itu, kabarnya Sam Ikul melego beberapa mobil pribadinya untuk membantu pemugaran stadion.



Pemugaran dimulai seiring berakhirnya Galatama 1989/1990. Ratusan pekerja (kabarnya mencapai lebih dari 200 orang) dikerahkan setiap harinya agar proyek bisa diselesaikan tepat waktu. Semakin lama proyek diselesaikan akan mengakibatkan pembengkakan dana yang tidak perlu. Apalagi dana 3 Miliar rupiah ketika itu sudah lebih dari cukup untuk mendanai Arema selama 3-4 musim kompetisi.

Agar selesai tepat waktu pemugaran stadion ini mendapat dukungan dari banyak pihak baik moril maupun materiil. Nirwan D. Bakrie yang pernah membangun Stadion Sanggraha Pelita Jaya di Lebak Bulus juga memberikan bantuan bagi PT Putra Arema. tak tanggung-tanggung lewat Bakrie & Brothers bantuan diberikan juga dalam bentuk tenaga teknis. Semata-mata untuk memberikan bantuan teknis kepada Sam Ikul yang kurang memiliki pengalaman dalam menangani proyek besar dan sebagai kontraktor khususnya.

Seakan menjawab do'a dan harapan dari Sam Ikul akhirnya stadion yang pernah memiliki salah satu kualitas rumput terbaik se-Indonesia di jaman Hindia Belanda ini selesai lebih cepat dari waktu yang ditargetkan. Bayangan buruk bahwa Arema bakal lebih lama memakai Stadion Brantas Batu bisa dilenyapkan. Dengan adanya stadion yang baru dipugar dan kapasitas yang lebih besar memungkinkan Arema memiliki pendapatan lebih dari sektor tiket penonton.

Di era Galatama selain sponsor dan donatur, pendapatan Arema dari tiket penonton sangat diandalkan. Selepas Arema memakai Stadion Gajayana yang baru dipugar harga tiket ketika itu sebesar 2000 rupiah untuk ekonomi dan 3500 rupiah untuk VIP. Dengan jumlah penonton mencapai lebih dari 150 ribu orang untuk satu musim Galatama di tahun 1992/1993, Arema bisa memperoleh pendapatan kotor lebih dari 300 juta rupiah dalam satu musim kompetisi.

Angka tersebut cukup besar untuk memberi nafas sejenak kepada Arema selama mengarungi kompetisi Galatama sekalipun tidak cukup untuk 'mbandani' pengeluaran klub selama semusimnya.

Lewat proyek pemugaran stadion Gajayana ini Arema mendapat kompensasi berupa pengelolaan stadion selama 20 tahun (Sumber : Arema Never Die karangan Abdul Muntholib). Katakanlah kerjasama itu dimulai dari tahun 1990 maka semestinya Arema masih bebas memakai stadion tersebut hingga tahun 2010.

Namun tidak sampai akhir kerjasama tersebut Arema terpaksa hengkang untuk menggunakan Stadion Kanjuruhan sebagai homebasenya. Semestinya jika memang kerjasama awalnya menyatakan demikian Arema bisa meraup pendapatan signifikan dari Stadion Gajayana. Apalagi di tahun 2009 pendapatan APBD Malang dari Stadion Gajayana mencapai ratusan juta rupiah dan dapat ditingkatkan menjadi 1-2 Miliar rupiah jika Arema dapat mengelolanya secara penuh.

Meski Arema sampai dengan saat ini masih memakai Stadion Gajayana untuk latihan dan ujicoba, terakhir kali Arema merasakan berkompetisi di Stadion ini adalah di tahun 2007 ketika melakoni Liga Champions Asia dan Copa Indonesia. Untuk level sekelas Liga Indonesia, Arema terakhir memakainya di awal tahun 2006 melawan PSMS Medan sebagai tuan rumah.

Banyak memori indah yang diukir Arema di stadion ini. Arema meraih juara Galatama di tahun 1992/1993 ketika memakai Stadion Gajayana sebagai homebasenya. Itu adalah trophy pertama Arema yang diraih pada kejuaraan resmi. Trophy berikutnya hadir ketika turut serta menjadikan Stadion Gajayana sebagai homebase Arema di Copa Indonesia 2005 dan 2006.

Di era kepemimpinan H. Soesamto sebagai walikota Malang, Stadion Gajayana Malang juga mendapat 'sentuhan' pemugaran dengan penambahan lampu stadion di tahun 1996-1997. Proyek ini memakan biaya 2 Miliar rupiah dan baru selesai ketika Persema menjamu Persipura di tahun 1997. Tiang dan lampu ini sampai sekarang masih digunakan di Stadion Gajayana.



Selepas berakhirnya walikota H. Soesamto di tahun 1998 nyaris tidak ada proyek lagi berkaitan dengan Stadion Gajayana. Di era kepemimpinan walikota Suyitno, Arema dan Aremania beberapa kali melayangkan permintaan untuk pemugaran Stadion untuk penambahan kapasitas penonton. Kapasitas tempat duduk yang sebesar 17 ribu tersebut tidak cukup menampung massa dan seringkali penonton meluber hingga sentelban. Di sepanjang kompetisi kondisi ini jamak terjadi ketika Arema bertanding. Untungnya PSSI tidak memberikan sanksi ketika itu karena tiadanya peraturan yang mengatur tentang luberan penonton didalam pertandingan.

Asa sempat menyeruak tatkala walikota berikutnya, Drs. Peni Suparto memberikan janji untuk memperbesar kapasitas stadion dimana kondisi tribun ekonomi yang semula 10 trap menjadi 14 trap. Perbesaran kapasitas ini memungkinkan Stadion memiliki daya tampung hingga lebih dari 22 ribu penonton.

Sayangnya janji tersebut hanyalah janji, tidak dapat direalisasi dengan alasan sama dengan yang sebelumnya, keterbatasan dana. Sampai adanya Mall Olympic Garden (MOG) yang pembangunannya sepaket dengan pemugaran stadion Gajayana dan penambahan kapasitas tribun hingga diatas 30 ribu penonton.





Agaknya peran swasta tidak dapat dilepaskan dari pembangunan Stadion Gajayana. Tanpa peran Sam Ikul dan lainnya Stadion ini tidaklah semenarik seperti yang sekarang kita saksikan. Ditunggu kiprah dan sumbangsih Persema dan Ngalamania nantinya untuk melestarikan Stadion Gajayana ini. (Muaddib)
(Sumber Tulisan : wearemania.net)

Banyak memori dari stadion ini (khususnya bagi saya, seorang Aremania) mungkin dari stadion inilah awal saya menjadi Aremania. Cerita mulai saya kecil yang sering diajak ayah nonton Arema / Persema, menjadi anak gawang pertandingan Arema / Persema saat masih ikut Sekolah Sepak Bola, main disini final Piala Jawa Pos saat masih SSB, hingga akhirnya mulai aktif nonton Arema disini bareng teman-teman mulai SMP kelas 1.

Stadion yang keramat menurut saya, stadion yang dapat merubah jadwal sekolah SMP saya dulu (SMP Negeri 1 Malang). Hah ? kok bisa ? ceritanya kalau pas Arema maen disini SMP langsung dipulangkan lebih awal gara-gara takut muridnya tidak mendapatkan mikrolet maklum SMP kami posisinya gak jauh dari Stadion Gajayana. Haha mungkin SMP Negeri 6 Malang juga gitu (untungnya bagi saya gak ngefek, orang tiap Arema maen sering dibelain bolos sama anak-anak. :D ).


-to be continued-

1 Response to "Antara Gajayana dan Kanjuruhan…(part 1)"

  1. NataL 32™ Says:
  2. Podhow Sam SMP Kristen 1 biyen ya ngunu kadit uhat tapi SMP 8 karo Mardiwiyata soalnya ya podhow cidhek stadion e..

Post a Comment